Apa itu S / PDIF?

S / PDIF adalah jenis lapisan tautan data dan lapisan fisik untuk transfer sinyal audio digital antara beberapa perangkat atau komponen stereo. S / PDIF adalah akronim untuk Sony / Philips Digital Interconnect Format atau Sony Philips Digital Interface. Sebagaimana dijelaskan dalam akronim, format S / PDIF dikembangkan selama operasi bersama antara Sony dan Philips. Ini adalah modifikasi kecil dari spesifikasi AES / EBU (Masyarakat Teknik Audio / Penyiaran Eropa) dari tahun 1985. Namun, tidak seperti AES / EBU, format S / PDIF khusus dikembangkan untuk rumah, karena memerlukan perangkat keras tidak semahal yang disyaratkan oleh model AES / EBU. Kunjungi juga Blog kami Jejakblog.com.

Apa itu S / PDIF?

Untuk apa S / PDIF digunakan?

S / PDIF digunakan untuk mentransfer audio digital ke berbagai peralatan audio rumah. Perangkat umum yang dapat memanfaatkan format S / PDIF meliputi: pemutar DVD, kartu suara komputer, pemutar CD, dan penerima. Koneksi yang paling umum adalah pemutar DVD dan penerima untuk kualitas tinggi Dolby Digital atau DTS surround sound. Namun, cukup umum untuk menghubungkan pemutar CD ke penerima menggunakan kabel S / PDIF juga.

Apa perbedaan antara standar AES / EBU dan S / PDIF?

Standar AES / EBU memberikan blok bangunan untuk apa yang akan menjadi S / PDIF. Dua format berbeda dalam penggunaan kabel, konektor, level sinyal, informasi subkode, dan resolusi maksimum. Namun, kedua format tersebut menggunakan kode tanda bifase untuk modulasi.

Format AES / EBU menggunakan kabel berpelindung 110 ohm yang lebih kuat, sedangkan format S / PDIF menggunakan kabel koaksial 75 ohm atau kabel serat yang lebih ramah konsumen. Karena itu AES / EBU dapat menggunakan kabel koaksial 75 ohm juga. Format AES / EBU dapat memanfaatkan konektor XLR, D-sub atau BNC sedangkan format S / PDIF menggunakan konektor RCA, BNC, atau TOSLINK.

Level sinyal yang ditemukan dengan spesifikasi AES / EBU berkisar 3 hingga 10 volt sedangkan level sinyal S / PDIF berkisar dari 0,5 hingga 1 volt. Informasi subcode disediakan melalui teks ID ASCII untuk AES / EBU sementara informasi subcode diberikan melalui SCMS untuk S / PDIF. Lebih jauh lagi, resolusi maksimal untuk AES / EBU adalah 24 bit sedangkan format S / PDIF memberikan resolusi maksimum hanya 20 bit.

Apa spesifikasi lain untuk S / PDIF?

S / PDIF adalah 48 kHz untuk DAT (Digital Audio Tape) atau 44.1 kHz untuk audio kualitas CD. Tidak ada laju data yang ditentukan untuk S / PDIF, yang menggunakan kode tanda Biphase alih-alih satu atau dua transisi untuk setiap bit.